News Update :
> > > > > > > > > Membuat Breadcrumbs Di Blogger Agar Terindeks Google

Membuat Breadcrumbs Di Blogger Agar Terindeks Google

Sabtu, 08 September 2012


Secara sederhana breadcrumbs adalah menu navigasi suatu dokumen atau postingan dari suatu web atau blog. Biasanya breadcrumbs diletakan di atas title postingan blog sehingga mudah diketahui oleh pengunjung atau pembaca postingan blog. Sebagai contoh bisa Anda lihat pada bagian atas title postingan blog ini.



Dan konon katanya Om Google menyukai web atau blog yang mempunyai breadcrumbs sehingga breadcrumbs dipakai sebagai salah satu trik SEO. Namun bagaimana kalau kita sudah pasang breadcrumbs di blog kita, tapi breadcrumbs-nya tidak terindeks Google. Nah untuk itu saya share cara Membuat  Breadcrumbs Di Blogger Agar Terindeks Google agar blog kita lebih SEO.

Seperti yang saya alami, blog saya sudah memakai breadcrumbs namun yang tampil di hasil pencarian Google bukan breadcrumnya melainkan url dari postingan.

 

Setelah saya searching di Google, akhirnya saya menemukan kodenya agar breadcrumbs dapat terindek Google. Nah bagi Anda yang belum memasang breadcrumbs atau mungkin sudah memasang breadcrumbs namun tidak terindeks Google, silahkan simak tutorial Membuat  Breadcrumbs Di Blogger Agar Terindeks Google di bawah ini.

Silahkan masuk ke dashboard blog Anda >> Template >> Edit HTML >> centang Expand Widget Templates. Namun untuk menjaga terjadi kesalahan, alangkah baiknya Anda back up dulu templatenya sehingga apabila terjadi kesalahan dapat kembali ke template sebelumnya.

Kemudian cari kode <div class='post hentry'> Gunakan CTRL + F pada keyboard untuk memudahkan pencarian. Setelah ketemu silahkan copy kode di bawah ini SETELAH / DI BAWAH kode tadi.

<b:if cond='data:blog.homepageUrl == data:blog.url'> <b:else/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<div style='background:#444; border:1px solid #191919; border-bottom:1px solid #666; border-right:1px solid #666;padding:4px 8px;margin:4px 0px;line-height:1.4em;'>
<span itemscope='http://data-vocabulary.org/Breadcrumb' itemtype='http://data-vocabulary.org/Breadcrumb'>
<a expr:href='data:blog.homepageUrl' itemprop='url'><span itemprop='title'>Home</span></a> &gt; </span>
<span itemscope='http://data-vocabulary.org/Breadcrumb' itemtype='http://data-vocabulary.org/Breadcrumb'>
<b:if cond='data:post.labels'><b:loop values='data:post.labels' var='label'>
<a expr:href='data:label.url' itemprop='url'><span itemprop='title'><data:label.name/></span></a> <b:if cond='data:label.isLast != &quot;true&quot;'> &gt; </b:if> </b:loop> </b:if> &gt; </span><span itemscope='http://data-vocabulary.org/Breadcrumb' itemtype='http://data-vocabulary.org/Breadcrumb'><span itemprop='title'><data:post.title/> </span></span>
</div>
</b:if>
</b:if>

Kode yang berwarna merah itu untuk kode kotak breadcrumbs-nya, silahkan Anda rubah dan sesuaikan dengan tema blog Anda.

Bagi yang sudah mempunyai breadcrumbs namun belum atau tidak terindeks Google silahkan coba dengan kode di atas.

Setelah itu silahkan Anda save templatenya dan coba cek di Google Rich Snippets Testing Tools  Silahkan coba masukan salah satu url postingan blog Anda pada kotak yang disediakan. Apabila penempatannya benar, maka penampakannya akan seperti gambar di bawah ini.


Sekarang yang nampak di hasil pencarian Google adalah breadcrumbs dan bukan lagi url dari postingan tersebut.

Namun perubahan ini tidak dapat langsung tampil di hasil pencarian Google untuk postingan yang kita terbitkan sebelum kita membuat breadcrumbs ini, kita harus menunggu karena Google memerlukan waktu untuk menampilkannya. Untuk postingan yang kita terbitkan setelah kita Membuat  Breadcrumbs Di Blogger Agar Terindeks Google ini, maka Google akan langsung menampilkan breadcrumbs-nya.

Nah demikian saja sharing Membuat  Breadcrumbs Di Blogger Agar Terindeks Google kali ini mudah-mudahan bermanfaat.

Author Box by Beautiful Blogger Widgets

About the Author

Indahnya berbagi dengan sesama..enjoy it!!!.

Share this Article on :
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

© Copyright Informations Sharing Place 2010 -2011 | Oprek by Perry Porsche | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.